.

Sabtu, 04 Juni 2011

Trick Mengenalkan Hoby Baca Pada Bayi

img
Dok. Thinkstock 
Jakarta - Terdapat beberapa faedah dari hoby membaca. Jadi tak ada kelirunya mengenalkan hoby itu pada anak, dari bayi. 

" Tak sempat ada kata terlampau cepat untuk membacakan anak suatu buku, " terang Pakar Pendidikan Anak dari Mississippi State University Nancy Verhoek-Miller, seperti ditulis dari SixWise. 

Pernyataan Nancy itu memanglah dapat dibuktikan ada benarnya lantaran menurut data dari National Center for Education Statistics di Amerika Serikat, anak-anak yang orangtuanya rajin membacakan buku pada mereka condong jadi pembaca yang tambah baik. Anak-anak itu juga jadi lebih pandai di sekolah. 

Lalu, bagaimana mengenalkan hoby membaca pada anak yang tetap bayi? Ini dia tips-nya, seperti ditulis Today's Parenting : 

1. Buat buku sendiri yang diisi foto-foto diri anak serta keluarga paling dekat. Buklet photo mungkin saja buku pertama yang jadi favorite si kecil. 

2. Tengok isyarat pada anak. Bayi serta balita umumnya tak mempunyai ketertarikan yang cukup lama pada suatu hal. Walau cuma sebagian menit, aktivitas mengenalkan buku itu dapat di rasa lama oleh mereka. Biarlah anak memberi tahu Anda kapan waktunya aktivitas itu mesti disudahi. Cermati isyarat yang didapatkan si kecil. 

3. Buat jadi aktivitas membaca untuk ritual. Anda dapat lakukan aktivitas itu mendekati tidur, waktu menyusui, saat si kecil baru pulang main. Waktu buku telah jadi sisi dari rutinitasnya, anak bakal punya kebiasaan membaca sampai dewasa. 

4. Bacakan satu narasi berkali-kali. Waktu anak tetap bayi, tak ada kelirunya membacakan satu buku narasi berkali-kali. Saat Anda lakukan hal semacam itu, anak bakal belajar bila suatu narasi mempunyai awal, akhir serta bisa diperkirakan. 

" Anak bakal terasa hebat waktu mereka dapat kuasai narasi itu, " tutur Psikolog Anak Mary Ann Evans dari University of Guelph. 

5. Waktu membaca, upayakan mengerjakannya dengan cara interaktif. Mencari buku yang melibatkan bayi atau balita Anda bergerak, seperti menunjuk benda di buku atau menirukan nada. 

sumber : http :// www. wolipop. com/read/2011/05/05/100238/1632888/857/trik-memperkenalkan-hobi-baca-pada-bayi 
(eny/eny)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Template by:

Free Blog Templates