.

Rabu, 22 Juni 2011

Makan Larut Malam Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?


img
dok. Thinkstock 
Jakarta - Barangkali Anda sempat mendengar panduan diet yang mengatakan, makan malam diatas jam 7 malam dapat mengakibatkan kegemukan. Sebagian mitos juga menyampaikan, apa pun yang Anda makan pada malam hari, tak lagi berguna apa-apa untuk badan tak hanya menaikkan timbunan lemak. 

Apakah benar mitos itu? Jawabannya, tak benar sekalipun. Makan pada malam hari, terlebih pas sebelum saat tidur memanglah dapat mengganggu system pencernaan yang mengakibatkan perut alami konstipasi atau sembelit pada pagi harinya. Namun makan larut malam belum pasti bikin Anda jadi tambah gemuk. 

Seperti diambil dari Intense-Workout, badan Anda tak dapat membaca saat serta tidak paham rencana saat. Oleh karenanya, badan juga tidak paham jam berapakah Anda makan. Secara singkat, konsumsi 500 kalori pada jam 10 pagi, sama juga pengaruhnya saat Anda makan 500 kalori waktu jam 10 malam. Jadi, apabila Anda tak pernah makan siang atau sore, bisa saja konsumsi makanan berat larut malam, seandainya jumlah kalori tak kian lebih keperluan kalori Anda /harinya. 

Dalam melindungi berat tubuh terus ideal, konsumsi kalori yang pertama mesti di perhatikan, bukan hanya jam makan. Keperluan kalori pada tiap-tiap orang berlainan, bergantung tinggi-berat tubuh serta kesibukan harian. Umpamanya saja, keperluan kalori Anda 2. 000 /hari. 

Jadi, konsumsi kalori yang perlu masuk ke dalam badan juga mesti 2. 000. Baik itu dikonsumsi dengan cara terpisah (sarapan, makan siang serta makan malam) atau sekalian pada malam hari. Tetapi, benar-benar dianjurkan Anda membaginya tiga kali makan dalam satu hari untuk menghindar munculnya beragam penyakit pencernaan disebabkan makan tak teratur. 

Walau tidak jadi masalah makan pada malam hari, Anda terus mesti memerhatikan type makanannya. Sayur serta protein dari ikan dan bahan nabati yaitu makanan yang 'aman' dikonsumsi waktu malam. Begitupun dengan kentang rebus, nasi merah serta buah-buahan. Jauhi makanan terlampau banyak lemak, daging merah, soda serta makanan manis. 

Namun apabila Anda memanglah mempunyai kecenderungan tak dapat menahan godaan untuk makan makanan berkalori tinggi, maka makan terlampau malam baiknya dihindari. Hal semacam ini untuk menghindar Anda konsumsi kalori berlebihan yang mengakibatkan kegemukan. 

sumber : http :// www. wolipop. com/read/2011/06/22/100512/1665752/849/makan-larut-malam-membuat-gemuk-mitos-atau-fakta 
(hst/kik)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Template by:

Free Blog Templates