.

Rabu, 08 Juni 2011

Penyakit yang Dapat Ditularkan Melalui Dudukan Toliet


img
Dok. Thinkstock 
Jakarta - Walaupun tampak bersih, dudukan toilet umum tetap harus menyebabkan kecemasan. Juga tak sedikit orang yang hindari memakai toilet duduk lantaran takut tertular kuman juga penyakit kelamin seksual. 

" Toilet duduk bukan hanya media penularan penyakit menular seksual, " tutur Dr Sophia Yen, MD, spesialis kesehatan remaja di Lucile Packard Children's Hospital di Palo Alto, California, seperti diambil dari detikhealth. 

Walaupun tak menularkan penyakit kelamin, dudukan toilet dapat berikan resiko tertular penyakit lain. Umpamanya saja iritasi kulit serta diare. Tetapi penyakit ini cuma dapat terjangkit bila ada kontak segera pada badan lewat selaput lendir seperti, mata, hidung, mulut serta luka. 

" Herpes serta HIV tak lagi ditularkan lewat toilet duduk lantaran ke-2 virus tadi tak lagi bertahan hidup diluar badan manusia. Namun ada resiko kecil toilet umum duduk menularkan infeksi yang menggiring pada iritasi kulit mudah. Bila sesudah dari toilet yang kotor tangan menyentuh mata, hidung serta mulut, maka bakteri bisa mengakibatkan diare, ” tutur D Scott Smith MD, pemimpin penyakit infeksi di Kaiser Permanente Redwood City Medical Center di California, diambil dari eHow. 

Untuk hindari hal itu berlangsung pada Anda, baiknya kenali langkah aman memakai toilet umum. 

1. Upayakan untuk hindari kamar mandi di jejeran tengah, lantaran biasanya tempat itu terkumpul semakin banyak bakteri. Coba tentukan kamar mandi pertama yang kemungkinan tetap lebih bersih serta sedikit mikroorganismenya. 

2. Janganlah letakkan tas atau dompet di lantai kamar mandi, walau lantai tampak bersih. Bila ada gantungan tempatkan tas disana atau gantungkan tas di bahu bila memanglah tak ada tempat untuk menaruhnya. 

3. Sebelum saat dipakai, lap terlebih dulu dudukan toilet dengan memakai tisu. 

4. Tarik celana atau rok sampai meraih betis untuk hindari terkena semprotan air, namun janganlah terlampau rendah lantaran berisiko menyentuh lantai kamar mandi. 

5. Bersihkan serta lap sisi kemaluan waktu tetap dalam posisi jongkok, keadaan ini untuk menghindar sisi badan lain atau baju terkena kotoran. 

6. Upayakan untuk mencuci (flush) toilet saat bakal keluar dari kamar mandi, hal semacam ini untuk hindari mikroorganisme dari air toilet melekat di badan. 

7. Janganlah lupa selalu untuk membersihkan tangan secara detail dengan memakai air mengalir serta sabun, namun janganlah lupa untuk mengeringkannya dengan memakai tisu atau pengering elektrik. 



sumber : http :// www. wolipop. com/read/2011/06/08/181504/1656201/1135/penyakit-yang-bisa-ditularkan-lewat-dudukan-toliet 

(eya/hst)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Template by:

Free Blog Templates