.

Sabtu, 04 Juni 2011

6 Panduan Membacakan Buku Narasi pada Anak

img
Dok. Thinkstock 
Jakarta - Terdapat beberapa faedah yang dapat diperoleh dengan membacakan buku narasi pada anak dari awal (penjelasan komplitnya disini). 

Menurut Psikolog serta Direktur Instansi Daya Insani Sani B. Hermawan, dengan membaca dapat menambah daya tangkap, kreatifitas, logika memikirkan, menaikkan wawasan pengetahuan anak juga bangun jalinan emosional yang hangat dengan orangtua. 

" Tetapi ada yang tidak kalah utama dari itu, yakni langkah kita membacakan buku narasi pada anak. Waktu membaca narasi, terdapat banyak hal yang perlu di perhatikan supaya faedah membaca buku dapat diperoleh lebih optimal, " jelas Sani, waktu Peluncuran Buku 'Juven-Sahabat Sejati' di FCone, FX Lifestyle X'nter, Jakarta, belum lama ini. 

Sani juga berikan enam panduan membacakan buku narasi yang benar pada anak. Ini dia tips-nya : 
1. Bacakan dengan artikulasi yang pasti serta nada lantang. Lantaran tak hanya dengarkan narasi, si anak dapat juga sembari belajar mengatakan kalimat yang benar serta dapat menangkap arti narasi dengan pas. 

2. Intonasi yang pas, bacakan narasi memakai suara bicara yang benar. Umpamanya saja, waktu hingga di adegan si tokoh dalam buku tengah berteriak, katakan dengan suara tinggi, janganlah dengan suara datar. 

3. Ekspresi yang sesuai sama. Gunakan mimik muka suka bila si tokoh didalam buku tengah bahagia, atau muka sedih, geram, kecewa, kesal sesuai sama adegan narasi. 

4. Dramatisasi, anda bisa berakting serta menyelipkan suatu drama waktu membacakan buku narasi supaya anak lebih semangat dengarkan. 

5. Beri peluang si anak ajukan pertanyaan. Janganlah kesal waktu si anak memotong narasi yang Anda bacakan untuk ajukan pertanyaan. Hal semacam ini malah bagus, lantaran bermakna si anak memerhatikan dengan baik jalan narasi. Bertanya suatu hal perihal isi buku, yaitu sinyal bahwasanya si anak tengah coba menginterpretasikan narasi dalam imajinasinya. 

6. Mendekati tidur yaitu saat paling pas untuk membacakan narasi. Lantaran badan serta pikiran anak ataupun orang tua keduanya sama rileks. Atau, Anda dapat membacakan narasi di mobil waktu mengantar sekolah (bila bapak yang mengendarai mobil atau diantar supir). 

sumber : http :// www. wolipop. com/read/2011/02/01/113004/1557805/857/6-tips-membacakan-buku-cerita-pada-anak 
(hst/hst)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Template by:

Free Blog Templates