.

Rabu, 06 Juli 2011

Efek Negatif di Balik Diet Rendah Karbo

img
Dok. Thinkstock 
Jakarta - Tak sedikit orang yang memercayakan diet rendah karbohidrat, atau diet karbo untuk jalan keluar untuk mempercepat penurunan berat tubuh. Namun, diet ini tetap mengundang kontroversi diantara beberapa pakar nutrisi, pakar gizi serta kesehatan. 

Walau berikan hasil kurun waktu singkat, diet ini dapat juga membawa efek beresiko untuk kesehatan badan. Di bawah ini serba-serbi perihal diet karbo, efek serta diet seperti apa yang semestinya digerakkan. 

Apa Itu Diet Karbo? 

Diet rendah karbohidrat, atau diet karbo yaitu pola diet yang 'melarang' pelakunya hindari semua type makanan memiliki kandungan karbohidrat. Seperti roti, nasi atau buah serta sayur berzat tepung tinggi, umpamanya kentang serta wortel. Diet type ini umumnya diutamakan pada konsumsi makanan dengan kandungan protein serta lemak tinggi. 

Maksud dari diet karbo yaitu mengontrol kandungan gula darah. Diet ini yakin bahwasanya karbohidrat bakal menambah kandungan gula dalam darah, mendorong pelepasan insulin yang dapat menyebabkan naiknya hasrat untuk makan. Diet karbo umumnya mengutamakan pada pengonsumsian makanan tinggi protein serta lemak, seperti daging, telur atau keju. 

Apa Efek Dari Diet Karbo? 

Diet karbo memanglah cukup popular, lantaran pelaku diet dapat lihat akhirnya dengan cepat. Berat tubuh dapat turun sampai 4, 5 kg - 9 kg cuma kurun waktu 2 minggu. Ini lantaran dengan kurangi atau menyingkirkan konsumsi karbohidrat, bakal turunkan kandungan gula darah, kurangi pelepasan insulin hingga selera makan turun mencolok, serta pada akhirnya, menolong berat tubuh turun lebih cepat. 

Tetapi, beberapa pakar menyampaikan, diet karbo dapat beresiko untuk badan. Dalam dua minggu pertama, badan bakal kehilangan banyak air --hal itu yang mengakibatkan berat tubuh turun dengan cara penting. Namun mengakibatkan, badan bakal jadi lemas. 

Karbohidrat dibutuhkan untuk penyedia daya atau bahan bakar untuk badan supaya dapat melakukan aktivitas. Bukan sekedar daya, karbohidrat juga sediakan vitamin, mineral serta air. Kekurangan karbohidrat bakal mengakibatkan badan lemah, tak tambah energi. Pada keadaan akut, dapat mengakibatkan desakan darah tak stabil serta kulit terlihat berkeriput. 

" Tak makan karbohidrat, bermakna Anda juga tak memperoleh konsumsi serat yang cukup serta kehilangan banyak nutrisi dan antioksidan, " terang Konsultan Fitnes serta Kesehatan Dr Janet Bond Brill, seperti diambil dari Sheknows. 

Dr Janet jug menerangkan, diet karbo barangkali dapat menolong berat tubuh turun dengan cepat. Namun akhirnya juga tak berjalan lama, umumnya paling lama cuma setahun. Jadi, pola diet ini tidaklah kiat yang pas bila Anda mau mengontrol berat tubuh dalam periode panjang. 

Di samping itu, konsumsi protein serta keju yang terlalu berlebih --makanan yang dianjurkan dalam diet karbo-- bakal bikin Anda konsumsi kalori berlebihan. Bukan sekedar itu, diet tinggi protein bakal memaksa ginjal bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan metabolisme badan.  

" Terlampau banyak konsumsi protein juga mengakibatkan tulang kehilangan banyak kalsium serta menambah resiko terkena osteoporosis, " tutur Peachy Seiden, pakar nutrisi dari International Culinary School di Art Institute of Ohio. 

Ikuti Pola Diet yang Benar! 

Untuk turunkan berat tubuh, janganlah tak konsumsi karbohidrat sekalipun. Namun pastikan type karbohidrat kompleks dengan kandungan glycemic index rendah. 

Diambil dari Livestrong, karbohidrat terdiri jadi dua type ; yang gampang serta susah diserap oleh badan. Madu, permen, serta makanan olahan dari tepung terigu dan nasi putih terhitung type yang gampang diserap badan. Karbohidrat ini dapat berikan daya dengan cepat, namun dapat juga hilang dengan selekasnya. 

Sesaat sayur, buah, kacang-kacangan, sereal gandumg serta nasi merah memiliki kandungan karbohidrat yang susah diserap badan. Hingga sediakan cadangan daya lebih lama, membuatnya lebih stabil. 

Bila sangat mungkin, yakinkan senantiasa mengkalkulasi jumlah kalori yang diasup serta dikeluarkan pada badan. Bila mau cepat turunkan berat tubuh, makanlah kalori lebih sedikit dari pada yang Anda pakai. 

sumber : http :// www. wolipop. com/read/2011/07/01/100851/1672351/849/dampak-negatif-di-balik-diet-rendah-karbo 
(hst/eny)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.