.

Kamis, 06 Oktober 2011

5 Keuntungan dari Travelling Sendirian

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Liburan bersama keluarga, kekasih atau teman memang seru dan menyenangkan. Tapi jangan berkecil hati jika Anda harus melewati masa liburan sendirian. Bepergian atau liburan seorang diri, tidak kalah menyenangkan dari liburan beramai-ramai.

Bahkan Anda bisa mendapatkan kesenangan yang berbeda saat memutuskan travelling sendirian. Dengan perencanaan dan persiapan yang benar, ini dia beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan liburan sendirian, seperti dikutip dari Times of India.

1. Tak Ada Batas Waktu
Saat liburan dalam kelompok, Anda tentunya harus menuruti jadwal dan rencana bersama. Kalaupun ingin berpisah tempat, ada batas waktu yang ditentukan sehingga Anda harus melewatkan beberapa tempat untuk dikunjungi. Dengan liburan sendirian, otomatis Anda punya waktu sebebas-bebasnya untuk melakukan segala hal yang ingin dilakukan, dan pergi ke manapun yang Anda mau. Hanya saja, pastikan Anda sudah mempelajari lokasi tempat dan peta agar tidak tersesat.

2. Bertemu Teman Baru
Salah satu keuntungan bepergian sendirian adalah Anda bisa bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru. Menjalin pertemanan dengan orang baru bukan sesuatu yang bisa dibilang mudah. Tapi juga bukan berarti hal yang sulit untuk dilakukan. Cara terbaik untuk bertemu orang baru saat bepergian sendiri adalah menemukan dan menciptakan situasi untuk mengobrol. Jika percakapan berawal baik, maka obrolan selanjutnya akan berjalan lancar dan Anda pun bisa mendapat beberapa teman baru dalam perjalanan. Simak tipsnya, di sini.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Membuat keputusan, mempelajari peta, mencari tempat dan mengeksplorasi daerah sendiri, akan membuat Anda sadar, seberapa besar potensi dalam diri Anda. Mungkin jika tanpa perjalanan sendiri, Anda tidak akan tahu kalau Anda bisa menghadapi tantangan sendiri. Dengan begitu, otomatis kepercayaan diri akan meningkat dan Anda pun tidak takut mencoba sesuatu yang baru. Bepergian sendirian juga membantu Anda jadi lebih mandiri.

4. Belajar Membuat Perencanaan yang Baik
Sebuah perjalanan, apalagi sampai ke luar kota atau luar negeri tentunya membutuhkan perencanaan sematang-matangnya. Dengan bepergian sendirian, Anda akan dituntut membuat rencana dan persiapan dengan tepat tanpa bantuan orang lain. Anda yang punya kuasa mengatur rute perjalanan liburan, pengeluaran uang, akomodasi sampai kebutuhan logistik. Pengalaman berharga itu akan menjadikan Anda wanita yang lebih dewasa secara emosional.

5. Menemukan Jati Diri
Banyak orang yang melakukan perjalanan sendirian sebagai pengalaman semi-spiritual mereka. Dari perjalanan itu, banyak pelajaran dan makna hidup yang bisa mereka dapatkan. Jika pernah membaca novel atau menonton film "Eat, Pray, Love", Anda tentunya akan tahu bagaimana Elizabeth Gilbert, sang penulis sekaligus tokoh utama menemukan jati dirinya setelah berkeliling sendirian ke Italia, India dan Bali, Indonesia.

(hst/eya)

sumber : www.wolipop.com/read/2011/10/04/091313/1736158/859/5-keuntungan-dari-travelling-sendirian 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.