.

Kamis, 29 September 2011

Cermati 6 Hal Ini Sebelum Sewa Tempat Liburan


img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Selain packing, biaya perjalanan dan transportasi, tempat menginap juga jadi salah satu hal terpenting saat merencanakan liburan bersama keluarga. Apa saja yang harus diperhatikan saat memilih hotel, villa atau rumah untuk berlibur? Berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari All Womens Talk.

1. Jumlah Anggota Keluarga
Sewalah rumah atau hotel yang mampu menampung seluruh anggota keluarga. Jika membawa 10 orang atau lebih, Anda tentunya tidak bisa menyewa hotel dengan kamar single atau double sekalipun. Akan lebih hemat jika Anda menyewa villa atau rumah singgah. Paling tidak, setiap anggota keluarga bisa leluasa beraktivitas dan nyaman saat tidur.

2. Peraturan di Tempat Menginap
Dimanapun Anda ingin menyewa rumah atau hotel untuk liburan, ketahui dulu peraturan sebelum membayar sewa rumah. Lakukan survei kecil-kecilan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama Anda dan keluarga berada di situ. Teliti juga, apakah ada biaya tambahan jika Anda memakai jasa cleaning service, juru masak atau pelayanan lain yang memakai tarif khusus.

3. Gaya Hidup Sehari-hari
Perhatikan juga gaya hidup dan kebiasaan keluarga sehari-hari. Hal ini bisa membantu Anda menentukan tempat menginap liburan. Apakah Anda dan keluarga tipe yang suka repot, cenderung berantakan atau gila kerapihan? Adakah anggota keluarga yang merokok? Hal-hal tersebut perlu diperhatikan karena mungkin tempat yang Anda sukai tidak membolehkan tamunya merokok atau membawa-bawa sesuatu yang berbau menyengat.

4. Cari Ulasan Soal Tempat Tersebut
Sangat penting untuk mengetahui bagaimana pendapat tamu yang berkunjung ke tempat itu sebelumnya. Anda tentunya tidak mau acara liburan jadi terganggu karena tempat yang disewa kurang baik pelayanannya, atau bangunannya tidak bersih. Mintalah rekomendasi dari beberapa teman yang pernah ke sana, atau baca review nya di forum-forum online atau blog.

5. Bujet
Inilah faktor yang sangat penting. Sewalah tempat yang sesuai dengan bujet Anda. Tapi sebelum itu, hitunglah bujet Anda dengan seksama. Catat dengan detail uang yang tersedia, dan perhitungan biaya sewa selama di sana. Jangan lupa siapkan dana lebih untuk keadaan darurat atau biaya tak terduga. Jika akan ada dua atau tiga keluarga yang ikut, pertimbangkan untuk membagi pembayarannya agar lebih ringan.

6. Fasilitas
Fasilitas apa saja yang Anda harapkan ada di penginapan? Apakah Anda perlu koneksi internet? Perlu mandi di bath tub, ingin tempat yang dekat dengan pantai, kolam renang atau fasilitas lain? Anda perlu memperhatikan hal-hal tersebut demi kenyamanan selama liburan.


sumber : http://www.wolipop.com/read/2011/09/26/091355/1730155/859/cermati-6-hal-ini-sebelum-sewa-tempat-liburan

(hst/eny)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.